Peningkatan skill yang di dapat selama WFH. hmm... boleh juga.



Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Pada kesempatan kali saya akan menjelaskan tentang peningkatan skill apa saja yang sudah saya capai selama masa pandemi COVID-19. Sebelumnya dalam artikel yang berjudul Ngapain Aja Sih Selama WFH? saya telah membahas tentang seperti apa pengalaman saya selama WFH. dan berikut adalah skill apa saja yang saya dapatkan dan apa saja yang telah saya capai.

sebelumny saya ingin sampaikan bahwa memang dari kegiatan saya tidak ada kegiatan yang mengarah ke profit secara langsung karena banyak faktor. akan tetapi disamping itu saya mendapatkan ilmu baru juga terutama saat mengerajakan tugas-tugas kuliah.

pertama hal yang saya dapatkan adalah pengalaman ketika saya membantu orang tua saya. pengalaman dimana saya lebih memahami lagi menejemen dari usaha yang dimiliki orang tua saya. disana tentang cara pengolahan karyawan dan juga pembagian jatah perharinya. orang tua saya selalu memberitahukannya dan terbuka kepada saya. saya mampu mendapatkan ilmu baru atau bisa dibilang data baru untuk saya masukkan ke dalam akal pikiran saya yang nantinya bisa saya proses untuk menghasilkan sebuah hasil atau karya baru. bisa dibilang berbau teknologi dan menjemen.

Selanjutnya yang saya dapatkan adalah pengetahuan tentang penggunaan teknologi di saat Pandemi COVID-19. adanya teknologi memanglag sangat penting di saat seperti sekarang ini. Dan memang sudah jelas keguanaan dan manfaatnya. Akan tetapi tentu, perlu yang namanya menejemen yang baik juga dalam mengatur pengeluaran. pengguanaan teknologi di saat Pandemi COVID-19 menurut saya benar-benar membutuhkan menjemen terhadap keluar masuknya uang. masuknya uang sangatlah susah karena minimnya orang yang keluar rumah menjadikan pelanggan berkurang, yang akhirnya mempengaruhi pemasukan. sedangkan pengeluaran yang berhubungan dengan memanfaatkan teknologi sebagai solusi, justru semakin meningkat. penggunaan listrik, pembelian paket data, penggunaan gadget yang sering. itu semua menjadikan pengeluaran di dalam rumah meningkat.

Selain itu ada hal lain lagi yang saya dapatkan. ilmu yang saya dapatkan ketika mengerjakan tugas. dari tugas sebelumny yakni membuat aplikasi untuk clustering (bisa dicek di postingan sebelumnya). hal yang saya dapatkan adalah seputar pemrograman. dimana saya baru tau bahwa jQuery tidak melakukan pencarian ketika pemicu(trigger) terjadi. selama ini pandangan saya adalah sedemikian, sehingga menurut saya jQuery sangatlah hebat. namun saya baru paham bahwa berubahnya elemen pada html menjadikan jQuery tidak dapat mebaca element yang baru, meski nama dari element yang hilang dan yang baru sama. jQuery ternyata hanya melakukan pembacaan di awal. lalu tidak tau lagi yang terjadi jika element di awal sudah hilang.

begitulah ilmu yang saya dapatkan selama pandemi COVID-19. semoga dapat membantu.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar