Apa itu API(Apllication Programming Interface)?



Assalamu'alaikum wr. wb.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai API. apakah API itu? apa keguanaannya? berikut penjelasannya


Definisi API
     API adalah singkatan dari Application Programming Interface, dan memungkinkan developer untuk mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. API terdiri dari berbagai elemen seperti function, protocols, dan tools lainnya yang memungkinkan developers untuk membuat aplikasi. Tujuan penggunaan API adalah untuk mempercepat proses development dengan menyediakan function secara terpisah sehingga developer tidak perlu membuat fitur yang serupa. Penerapan API akan sangaat terasa jika fitur yang diinginkan sudah sangat kompleks, tentu membutuhkan waktu untuk membuat yang serupa dengannya. Misalnya: integrasi dengan payment gateway. Terdapat berbagai jenis sistem API yang dapat digunakan, termasuk sistem operasi, library, dan web.


Penerapan API
      Sebenarnya API merupakan perangkat lunak yang memudahkan dan fungsinya sangat mendukung aktivitas sehari-hari. Misalnya ketika Anda ingin membuat sebuah akun baru di sebuah aplikasi, akun tersebut bisa dibuat lewat media yang terhubung seperti Gmail, Facebook, dan Instagram. Dengan adanya API, sebuah data yang terletak di aplikasi lain seperti Gmail, Facebook, pun Instagram tadi bisa langsung diperoleh. Oleh karena itu keberadaan API jadi penghubung antara aplikasi satu dengan aplikasi yang lain.

      Jika melihat contoh tadi, sebenarnya API jadi perangkat lunak yang sudah sangat sering dimanfaatkan fungsinya dalam memudahkan aktivitas sehari-hari. Namun, apabila kita melihatnya dari sisi developer website maupun aplikasi, keberadaan API tidak hanya terbatas sampai disitu.

       Dari sisi developer, API bisa membuat suatu pemrograman jadi lebih mudah dan efektif. Secara struktur, API terdiri dari suatu data structure, functions, objects, serta elemen dan parameter lainnya yang sangat diperlukan untuk mengakses sumber-sumber data yang ada di aplikasi tersebut.

       Sebuah API juga digunakan untuk menggantikan bahasa-bahasa yang mudah dan terstruktur serta dimengerti oleh para programmer dibanding dalam system calls. Perlu digarisbawahi jika API bukanlah sebuah program antarmuka software to software bukan user interface.

Siapa yang menggunakan API?

      API biasanya digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang memerlukan data untuk membuat sebuah akun atau log in pengguna. 10 tahun yang lalu, API mungkin tidak bisa digunakan di layanan perbankan online tapi saat ini layanan perbankan pun juga bisa menggunakan API. Contoh layanan perbankan di Indonesia yang menggunakan API adalah BCA.

       Dengan adanya API yang disediakan oleh BCA, pengguna bank tersebut bisa dengan mudah menghubungkan aplikasi e-commerce atau website yang dimiliki oleh pebisnis dengan sistem transaksi perbankan BCA. Hal ini jelas sangat memudahkan karena gaya hidup masyarakat saat kini sudah banyak beralih ke sesuatu yang terintegrasi satu sama lain.

      Tidak hanya BCA, bisa dikatakan hampir semua atau sebagian besar aplikasi pembayaran atau fintech saat ini sudah menggunakan API dalam sistemnya. Hal lain misalnya ketika Anda membeli sebuah tiket bioskop online dan perlu memasukkan nomor kartu lalu sistem API akan mengecek apakah nomor yang dimasukkan benar tanpa perlu melewati banyak proses lain yang sangat panjang.

      Layanan media sosial seperti Facebook juga diketahui menggunakan API yang memudahkan penggunanya. Facebook menggunakan komponen Graph API yang bisa merepresentasikan informasi dari suatu entitas beserta relasi dengan entitas lain.

      Sebuah API dalam kegiatan bisnis dan transaksi saat ini memang memegang kendali penuh. Hal ini karena dengan API, bisnis juga bisa menjangkau orang-orang lebih luas dan menghilangkan hal-hal yang tidak perlu dalam sebuah sistem.

Komentar

Posting Komentar